Langsung ke konten utama

YUK BIKIN MINUMAN PROBIOTIK SENDIRI.!!

Yuk..Bikin Minuman Probiotik Sendiri.!!

Saya minum dua.! Hehe
Pasti kalian tau kan slogan diatas? Iya betul,itulah slogan minuman probiotik yang merajai pasar Indonesia.Dan ternyata kita bisa loh membuat sendiri minuman probiotik tersebut dirumah.

Sebelumnya mari kita kenali dulu apa itu Probiotik

Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya beberapa contoh pada makanan suplemen diet yang mengandung bakteri berguna dengan asam laktat bakteri (lactic acid bacteria – LAB) sebagai mikroba yang paling umum dipakai. LAB telah dipakai dalam industri makanan bertahun-tahun karena mereka mampu untuk mengubah gula (termasuk laktosa) dan karbohidrat lain menjadi asam laktat. Ini tidak hanya menyediakan rasa asam yang unik dari dairy food fermentasi seperti susu fermentasi, tetapi juga berperan sebagai penyedia, dengan cara mengurangi pH dan membuat kesempatan organisme merugikan untuk tumbuh lebih sedikit(sumber Wikipedia)

Apa manfaat probiotik bagi kesehatan kita?

Dibawah ini adalah beberapa manfaat probiotik bagi kesehatan tubuh kita :

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Bakteri ini berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga bakteri probiotik juga baik untuk menghilangkan rasa lelah, alergi, dan serangan penyakit lainnya.

Mengurangi efek antibiotik

Ada 2 jenis mikroorganisme yaitu antibiotik dan probiotik. Probiotik berfungsi untuk mengurangi bakteri antiobiotik di dalam tubuh sehingga tetap seimbang.

Mencegah peradangan

Sebagian besar manfaat dari bakteri probiotik adalah untuk mencegah peradangan terutama peradangan yang terjadi di usus.
Mencegah eksim
Probiotik bermanfaat untuk mengobati eksim pada anak-anak dan dapat menenangkan gejala eksim pada orang dewasa.

Menyehatkan sistem pencernaan

Probiotik bermanfaat untuk memecah hidrokarbon yang berfungsi untuk mencerna makanan di dalam usus. Proses ini juga bermanfaat untuk memudahkan penyerapan makanan di dalam usus.

Baca juga : Khasiat mewah jantung pisang

Bagaimana cara membuat minuman probiotik dirumah?

Setelah kita tau apa itu probiotik dan manfaatnya, sekarang kita akan belajar bagaimana cara membuat probiotik dengan bahan yg mudah didapatkan di sekitar kita.
Sebelum kita mulai membuat ada sedikit cerita tentang darimana saya mendapatkan resep tersebut.Resep tersebut saya dapat dari guru saya seorang pemulia tanaman secara organik yang berasal dari Ungaran Jawa tengah dan beliau bernama Mbah Hani Soekamto seorang yang supel yang mudah bergaul dengan semua kalangan dan usia.

Sekarang siapkan alat dan bahan untuk membuat probiotik  yang biasa kami sebut BAL(Bakteri Asam Laktat).Yang kita butuhkan adalah

Alat :
Toples/botol yg bersih agar higienis (lebih baik kaca)
Sendok sebagai pengaduk
Kain bersih untuk menyaring

Bahan :
Air kelapa muda dari 2 buah kelapa,
Susu murni 1 liter,
Madu 300ml, 
Bahan BAL

Foto by Wahyuningtyas


Proses :
Masukkan semua bahan kedalam wadah yg sebelumnya telah dibersihkan.
Aduk aduk semua bahan lalu Peram rapat.
Tanda probiotik BAL jadi adalah jika sudah muncul gumpalan seperti keju yang mengambang lalu saring dengan kain bersih dan  hasil penyaringan tersebut yg kita manfaatkan.
Foto by Sri ariyani


Manfaat Probiotik BAL :

1.Untuk kesehatan
Minum 1sdm LAB + 1 bh bawang Lanang untuk menjaga kesehatan n pencernaan.

2.Untuk menambah kualitas beras/nasi
Cuci beras sampai bersih, rendam dengan larutan LAB ( dosis 1:10 ) selama 30 menit.
Masak beras seperti biasa.Nasi akan terasa lebih Pulen,lebih gurih dan sehat tentunya.

Baca juga : Fakta unik laron

Mudah sekali kan cara membuat minuman probiotik dengan memanfaatkan bahan disekitar.Sekarang giliran kalian yang mempraktekan dirumah agar dapat menikmatimanfaatnya.
Terimakasih sudah berkunjung di blog kami,jangan lupa dibagikan ke teman teman agar lebih luas manfaatnya.

Postingan populer dari blog ini

Rahasia Tanaman Tumbuh Subur di Dinding Tembok Bangunan

Inilah Rahasia dibalik suburnya tanaman yang tumbuh di dalam Dinding Tembok Bangunan  Pada umumnya tanaman akan tumbuh subur jika ditanam di media tanam dalam pot atau langsung ditanam ditanah pekarangan dan kebun.Tapi kadang secara tidak sengaja kita akan menemui tanaman yang tumbuh di tempat yang tidak sewajarnya seperti tanaman yang tumbuh di dinding atau tembok rumah dan pagar kita.Yang menjadi pertanyaan adalah darimana sumber nutrisi untuk hidup tanaman tersebut?Mari kita bahas bersama sama.! Jika kita amati tanaman yang tumbuh di dinding atau tembok tersebut pasti terdapat celah ataupun retakan yang muncul kan?nah sebenarnya disitulah kunci dari suburnya tanaman yang tumbuh di tembok bangunan. Apa hubungan antara celah atau retakan tembok dengan tanaman yang subur? Baca juga : Manfaat Baking Soda Untuk Tanaman Pada saat proses pembuatan bangunan kita semua tahu bahwa ada semen dan pasir yang menjadi bahan utama dalam proses pembangunan tembok tersebut dan jika ki

FAKTA UNIK LARON DAN CARA MENGUSIR LARON TANPA MEMATIKAN LAMPU

Fakta unik laron dan cara mengusirnya Sumber:pixabay Saat kita melihat banyak laron-laron mulai keluar di malam hari itu tandanya bahwa beberapa waktu mendatang akan segera turun hujan dengan membawa serangkaian cerita masa lalu yg syahdu ataupun pilu hehe.tapi apa sih sebenarnya laron itu?dan bagaimana cara mengatasinya supaya tidak terlalu mengganggu kehidupan keluarga kita? Laron Adalah Rayap Setelah bertanya  kepada Mbah Gugel sebenarnya Laron adalah rayap rayap nakal yang sudah mencapai bentuk bersayap yang akan keluar dari sarangnya secara berbondong-bondong pada awal musim penghujan (sehingga seringkali menjadi pertanda perubahan ke musim penghujan) di petang hari.Laron biasanya akan berkumpul di pusat cahaya.Seperti pada lampu, televisi, dan hal-hal lain yang bercahaya, yang mampu menarik perhatian mereka. Selain mengganggu penerangan.Hadirnya  laron juga kerap mengganggu kita seperti saat kita makan tiba2 Hleb masuk ke mulut,saat kita nonton drama Korea pas si opa g