Langsung ke konten utama

MANFAAT BAKING SODA UNTUK TANAMAN

BAKING SODA UNTUK TANAMAN?

Saat mendengar Baking soda pasti kebanyakan dari kita akan berpikir tentang kue dan roti yg mengembang lembut dengan taburan aneka  toping yang nikmat.Tapi tunggu dulu,kali ini kita bukan membahas tentang manfaat baking soda untuk memasak tapi kita akan membahas manfaat lain dari baking soda yaitu memanfaatkan Baking soda sebagai pupuk dan pestisida tanaman.
Sebenarnya apa itu  Baking soda dan apa saja manfaat baking soda untuk tanaman?

Apa itu Baking Soda?

Baking  soda adalah nama lain untuk natrium bikarbonat yang juga dikenal sebagai soda bikarbonat.Bubuk putih ini adalah campuran natrium dan hidrogen karbonat, dan paling sering digunakan untuk membuat kue atau roti soda.

Manfaat Baking Soda!!

Inilah beberapa manfaat dari Baking soda untuk tanaman di kebun kita

Membersihkan daun tanaman

Daun menjadi dapurnya tumbuhan. Di sinilah proses fotosintesis berlangsung. Untuk menjaga daun tetap sehat bisa gunakan baking soda yang sudah dilarutkan dalam air, lalu usapkan menggunakan kain halus secara lembut, menghilangkan debu dan minyak yang mungkin tidak secara sengaja tertumpah pada daun.

Mengobati tanaman yang stagnan/berhenti tumbuh

Larutkan sepucuk sendok teh baking soda kedalam 2 liter air lalu siram ke tanaman yang pertumbuhannya melambat dan ulangi seminggu sekali.Jika sudah terlihat tanaman mulai ada perkembangan maka pemberian baking soda bisa dihentikan.

Mempercepat pengomposan dan mengurangi Bau kompos

Dengan menaburkan baking soda saat pembuatan kompos akan mempercepat proses pengomposan dan Meski pada dasarnya kompos yang telah jadi tidak berbau, ada kalanya kompos mengeluarkan aroma yang tak sedap, pemberian baking soda ini juga mampu mengurangi aroma yang kurang sedap tersebut.bisa juga ditambah probiotik saat pembuatan kompos.
Resep probiotik bisa dibaca artikel : Yuk bikin probiotik sendiri

Menaikan pH tanah

Jika lokasi tempat kita bercocok tanam memiliki keasaman tinggi taburi baking soda di atasnya, jumlah sesuaikan dengan tingkat pH tanahnya. Lakukan pada lahan terbatas dulu sebagai percobaan. Anda akan terkesan dengan hasilnyal; Sedikit gulma, tanaman berbunga lebat dan hasilnya tinggi.

Mencegah tumbuh jamur daun

Untuk mengatasi jamur daun bisa gunakan baking soda, caranya larutkan 1 sendok teh baking soda dalam 1 liter air. semprotkan pada permukaan daun. Cara ini efektif digunakan di kebun sayur, pohon buah, tanaman merambat.

Membunuh ulat pemakan daun

Campurkan tepung dan baking soda pada daun yang terkana serangan ulat. Ulat akan segara mati jika memakan daun yang telah ditaburi campuran ini.

Mencegah dan mengobati layu akibat bakteri

Jika tanaman kita terlihat layu di siang hari dan segar kembali di sore hari bisa jadi diakibatkan oleh patogen atau bakteri jahat.Untuk mencegah dan mengobati tanaman yang layu karena bakteri bisa kita taburkan baking soda di media tanam atau mencampurnya dengan air lalu kita siramkan ke tanaman yang layu tersebut.

Pestisida instan  untuk tanaman

Disaat kondisi darurat untuk mengatasi tanaman yang terserang oleh hama seperti kutu putih,tungau dan lainnya kita bisa membuat pestisida instan dengan bahan  1sdt baking soda + 1sdt minyak goreng + 3 tetes minyak angin/urut + 1 lt air bersih dan langsung semprotkan rata ke tanaman yang diserang oleh hama tersebut.
Baca juga : Manfaat air kelapa

Itulah beberapa manfaat baking soda yang bisa kita gunakan untuk tanaman di kebun kita.semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung ke kamus ide netijen.simak terus blog ini supaya tidak ketinggalan info info yang berfaedah lainnya.

Postingan populer dari blog ini

Rahasia Tanaman Tumbuh Subur di Dinding Tembok Bangunan

Inilah Rahasia dibalik suburnya tanaman yang tumbuh di dalam Dinding Tembok Bangunan  Pada umumnya tanaman akan tumbuh subur jika ditanam di media tanam dalam pot atau langsung ditanam ditanah pekarangan dan kebun.Tapi kadang secara tidak sengaja kita akan menemui tanaman yang tumbuh di tempat yang tidak sewajarnya seperti tanaman yang tumbuh di dinding atau tembok rumah dan pagar kita.Yang menjadi pertanyaan adalah darimana sumber nutrisi untuk hidup tanaman tersebut?Mari kita bahas bersama sama.! Jika kita amati tanaman yang tumbuh di dinding atau tembok tersebut pasti terdapat celah ataupun retakan yang muncul kan?nah sebenarnya disitulah kunci dari suburnya tanaman yang tumbuh di tembok bangunan. Apa hubungan antara celah atau retakan tembok dengan tanaman yang subur? Baca juga : Manfaat Baking Soda Untuk Tanaman Pada saat proses pembuatan bangunan kita semua tahu bahwa ada semen dan pasir yang menjadi bahan utama dalam proses pembangunan tembok tersebut dan jika ki

FAKTA UNIK LARON DAN CARA MENGUSIR LARON TANPA MEMATIKAN LAMPU

Fakta unik laron dan cara mengusirnya Sumber:pixabay Saat kita melihat banyak laron-laron mulai keluar di malam hari itu tandanya bahwa beberapa waktu mendatang akan segera turun hujan dengan membawa serangkaian cerita masa lalu yg syahdu ataupun pilu hehe.tapi apa sih sebenarnya laron itu?dan bagaimana cara mengatasinya supaya tidak terlalu mengganggu kehidupan keluarga kita? Laron Adalah Rayap Setelah bertanya  kepada Mbah Gugel sebenarnya Laron adalah rayap rayap nakal yang sudah mencapai bentuk bersayap yang akan keluar dari sarangnya secara berbondong-bondong pada awal musim penghujan (sehingga seringkali menjadi pertanda perubahan ke musim penghujan) di petang hari.Laron biasanya akan berkumpul di pusat cahaya.Seperti pada lampu, televisi, dan hal-hal lain yang bercahaya, yang mampu menarik perhatian mereka. Selain mengganggu penerangan.Hadirnya  laron juga kerap mengganggu kita seperti saat kita makan tiba2 Hleb masuk ke mulut,saat kita nonton drama Korea pas si opa g